News

Apa yang Anda Lakukan Saat Stress? Makan!

0 Comments
Apa yang Anda Lakukan Saat Stress? Makan!

Apa yang seringkali Anda lakukan saat stress? Beberapa orang mungkin menjawab makan. Studi baru berhasil menemukan penjelasan ilmiah mengapa di saat stres orang memilih untuk makan banyak dan cenderung menyukai makanan manis, gurih atau asin.

Peneliti Rockwell Parker, pakar ekologi kimia mengatakan, pengecap yang sensitif rasa manis secara khusus dipengaruhi oleh stres. Hormon yang aktif saat seseorang sedang merasa cemas atau khawatir ditemukan pada sel pengecap yang mengidentikasi rasa manis, gurih, dan pahit. Hasil studi ini menjelaskan kenapa banyak orang yang terlihat makan makanan manis saat merasa stres atau dalam tekanan.

Stres diketahui memiliki efek besar pada metabolisme. Hasil uji lab menunjukkan bahwa pada lidah terdapat reseptor untuk hormon stres. Menurut studi yang dipublikasi dalam jurnal Neuroscience Letters tersebut, konsentrasi hormon tertinggi ditemukan pada sel pengecap yang sensitif terhadap rasa manis, asin dan gurih.

Parker menambahkan bahwa jika kemampuan mengecap dipengaruhi oleh hormon stres, akan terjadi perubahan pada interaksi makanan yang akan berdampak tidak hanya pada indera pengecap saja melainkan di seluruh tubuh.

Selain manis, Parker dan timnya juga menemukan, hormon stres juga mempengaruhi keinginan untuk makan makanan gurih atau asin namun tidak dengan rasa asam.

Leave a Reply